“Teruslah bergerak, hingga kelelahan itu lelah mengikutimu.Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu.Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu.Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertaimu.Tetaplah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu.”

Senin, 06 September 2010

"Kiat Menghadapai Ujian"

Mengapa harus ada ujian ?

Ujian diadakan sebagaialat tes, sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah diberikan olehguru. Selain itu, juga sebagai peningkatan ilmu. Sebagai contoh pada awalnyailmunya 1 bisa menjadi 2.

The tips ...

1. Tenang

"Kunci menyelesaikan setiap masalah adalah ketenangan" Begitu pula dengan ujian, jikadiri kita merasa gelisah, lihatlah terlebih dahulu mengapa diri kita mengalamihal itu. Ketenangan didapatkan jika kita telah memiliki ilmu mengenai masalahitu. Apapun kondisinya jika kita telah memiliki ilmu maka sesungguhnya kitatelah mengusai keadaan. Sehingga kita pun menjadi tenang.

2. Persiapkandiri, ilmu dan perlengkapan

Apa yang terjadi apabila kita pergi jauh tetapi tanpabekal yang mencukupi ? Menderita dan menyesal. Nah, sebelum dua hal taditerjadi, persiapkanlah hal-hal yang diperlukan. Yang pertama adalah persiapandiri, yaitu kesiapan mental kita untuk menghadapi ujian. Yang kedua adalahilmu. Ujian yang dilakukan tanpa ilmu apa jadinya ? Tentu nilai yang tidakdiharapkan akan datang. Yang ketiga kesiapan perlengkapan. Apa yang terjadiapabila kita ingin ke Puncak, tetapi tidak ada kendaraan ? Kita tidak akansampai ke sana. Demikian dengan ujian, bukankah ujian membutuhkan alat tulis dansebagainya ?

3. Buatlahjadwal belajar (pilih waktu belajar)

Untuk memudahkan kitabelajar, buatlah jadwal belajar yang sesuai dengan kondisi kita. Ada orang yangmerasa "enak" jika waktu belajarnya adalah malam hari. Atau mungkin pagi hariketika udara masih bersih. Selain itu buatlah urutan jadwal belajar yang sesuaidengan jadwal ujian, insya Allah hal ini memudahkan kita untuk mengingatpelajaran.

4. Startfor study : Konsisten dengan jadwal

Nah ini dia, yang agaknyacukup sulit. Tetapi bukankah yang sulit itu mungkin saja kita lakukan ? Ya,berusahalah untuk menepati jadwal yang telah kita buat sendiri. Bukankah ketikakita membuat jadwal, kita juga berfikir tentang alasan kenapa kita memilihwaktu tersebut. Misalkan, kalau di siang hari kita belajar akan panas sekali.

5. Belajarkelompok ? Enak juga

Ketika ada teman, insyaAllah akan ada juga yang mengingatkan. Itulah pentingnya kita memilikikelompok. Selain itu kita pun dapat bertanya apabila tidak tahu, ataupunsebaliknya.

6. SKS ?No way

Apa yang akan terjadiapabila cangkir diberikan air seember ? Ya, yang tumpah akan lebih banyak daripada yang tertampung. Demikianlah apabila kita "memaksakan" untuk belajardengan Sistem Kebut Semalam (SKS). Jangan paksakan diri kita dengan caraseperti itu. Tidak pernah belajar, tetapi sekalinya belajar dilakukan tanpahenti. Lebih baik menyicil daripada terus menerus belajar tiada henti. Bukankahkendaraan juga butuh istirahat ketika dipakai berjalan ?

7. Pelajariyang intinya saja

Waktu terbatas ? Sedangkankita masih ingin sekali belajar ? Jika semua kita pelajari, mungkin tidak cukupwaktu untuk mempelajarinya. Karena itu, pelajarilah intinya saja, setelah itukembangkan sendiri.

8. Banyaktanya banyak tahu

Ada anggapan yang kelirutentang orang yang banyak bertanya adalah orang yang bodoh. Sedangkan jika kitabanyak bertanya, sesungguhnya kita akan semakin bertambah ilmu kita.Bertanyalah kepada teman, kakak, ibu, bapak, guru atau orang lain apabila kitakurang atau tidak memahami suatu pelajaran.

9. Restis ok !

"Selama kita mau belajar dan memperbaiki diri, selama itu pula kesuksesan akan mengikuti kita "

"Kita mempu menggenggam dunia, jika kita mampu mengalahkan diri kita sendiri. Musuh terbesar kita adalah rasa malas dan takut. Jika kita mampu mengalahkan keduanya, dunia ada dalam genggaman kita"

Pernah merasa jenuh ? Ya, karena kita adalah manusia yang memilikiperasaan dan pikiran. Istirahatlah sejenak, jangan paksakan diri kita untukmelanjutkan. Segarkan pikiran kita dengan hal-hal yang lain. Hal ini bergunauntuk meningkatkan motivasi belajar yang sempat tertunda akibat merasa jenuh.Misalkan dengan jalan-jalan sebentar, menelfon teman, atau mungkin hal lainnya.

Wallahu'alam bishawab...



"Selama kita mau belajar dan memperbaiki diri, selama itu pula kesuksesanakan mengikuti kita "

"Kita mempu menggenggam dunia, jika kita mampu mengalahkan diri kitasendiri. Musuh terbesar kita adalah rasa malas dan takut. Jika kita mampumengalahkan keduanya, dunia ada dalam genggaman kita"

0 komentar:

Posting Komentar


 
Powered by Blogger