“Teruslah bergerak, hingga kelelahan itu lelah mengikutimu.Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu.Teruslah berjalan, hingga keletihan itu letih bersamamu.Teruslah bertahan, hingga kefuturan itu futur menyertaimu.Tetaplah berjaga, hingga kelesuan itu lesu menemanimu.”

Selasa, 14 September 2010

SABAR

Kisah Teladan 1


Udah pernah denger nama Ayyub? Itu loh, salah satu dari 25 nabi. Tahu kisahnya nggak ? Allah telah mengabadikan kisah perjuangannya di dalam Al Qur'an, yaitu di surat Shad :

" … Sesungguhnya kami dapati Ayyub seorang yang penyabar dia adalah hamba yang baik! Dia benar-benar taat kepada Tuhannya". (QS Shad (38) : 44)

Nabi Ayyub adalah salah satu nabi yang mendapat ujian yang sangat berat dari Allah. Pada awalnya nabi Ayyub hidup dalam kemewahan. Rumahnya bagus, kebunnya luas, tamannya indah abis, anaknya banyak, dan istrinya cantique yangg terkenal mempunyai 12 ikat rambut yang indah (kepang kali ya?!)


Cobaan bagi nabi Ayyub

Nah iblis kemudian BT ngeliatnya. Abis gitu iblis meminta ijin kepada Allah untuk mencoba ketabahan nabi Ayyub. Eh Allah ternyata ngebolehin tuh! Tapi Allah berfirman bahwa iblis tidak akan berhasil. "Nggak peduli!!" pikir iblis. Akhirnya iblis mengumpulkan bala tentaranya tuh. Semua jin dan jun yang ada di bumi dikerahkan untuk menguji nabi Ayyub.

Coba bayangin, semua kekayaannya lenyap begitu saja gara-gara bencana yang dibikin ama semua jin bawahan iblis. Udah gitu semua anaknya tewas seketika gara-gara rubuhnya bangunan yang mereka tinggalin… tentu saja hasil rekayasa iblis dan kawan-kawan. Nah iblis masih belum puas. Dia meniupkan bibit penyakit ke badan nabi ayyub sehingga beliau menderita penyakit kayak cacar tapi luar biasa parah banget. Saking parahnya, tubuhnya jadi bau … udah gitu luka-luka di kulitnya sampe keluar nanah…udah gitu sampe keluar belatung (hiii…!) yang ngegerogotin dagingnya sehinggga kondisi nabi ayyub benar-benar lemah dan nggak heran kalo sampe semua tetangga dan penduduk di kotanya pada jijik. Abis gitu ternyata tidak ada tabib yang sanggup nyembuhin. Gimana mau nyembuhin, obat aja kagak ada! Akhirnya beliaupun diusir dari kotanya


Hari-hari menghadapi cobaan

Nah supaya mereka bisa makan maka istri nabi Ayyub bekerja buatt mencari nafkah di kota terdekat sayangnya suatu hari, di tempat kerjanya ada orang yang kenal kalo dia itu istri nabi Ayyub yang lagi kena penyakit yang menjijikan. Udah bisa ditebak kalo akhirnya istri nabi Ayyub dipecat dan ternyata waktu dia nyari kerja di setiap tempat lain, nggak ada yang mau terima. Jahat ya! (bayangin iblis sampe tertawa terbahak-bahak, seneng kali ya!) Nabi Ayyub akhirnya tahu dan beliau menasehati istrinya supaya tetap tabah.

Hari terus berlanjut. Istri nabi Ayyub sedih dan nyaris putus asa. Dia bingung, gimana caranya dia dapetin makanan buat suaminya hari itu.

Nah, hari itu istri nabi Ayyub pulang membawa roti buat suaminya. Nabi Ayyub bingung, gimana caranya istrinya bisa dapetin makanan yang mahal tapi kerja aja nggak. Akhirnya nabi Ayyub pun su'uzhan (alias buruk sangka). Nabi Ayyub menyangka istrinya berzinah buat dapetin uang. Tanpa sadar beliau marah malah sampe bersumpah kalo beliau sembuh maka istrinya bakal dipukul sepuluh kali. Abis gitu, ketika marah nabi Ayyub reda, istri nabi Ayyub cerita kalo ia dapat uang denggan cara menjual satu ikal rambutnya yang indah. Nabi Ayyub pun menyesal dan menangis waktu tahu semua itu.

Tebak… berapa lama coba nabi Ayyub terserang penyakit gituan? 18 tahun!!!! (aje gilee!!!) Terus tahu nggak apa komentar nabi Ayyub? "18 tahun derita penyakitku tidak sebanding dengan 80 tahun Allah memberikan nikmatnya di dunia selama ini untukku" gitu kata beliau. Subhanallah ! Nabi yang satu ini benar-benar penyabar.


Berakhirnya Cobaan

Nah tibalah suatu hari ketika malaikat Jibril diutus Allah untuk bertemu nabi Ayyub. Jibril membawa sesuatu. Apa coba ? Ada yang tahu nggak? Dua buah delima dari syurga! Abis gitu buah itu dimakan oleh nabi Ayyub. Jibril pun menyampaikan firman Allah: "(Hai Ayyub) hentakan kakimu! Inilah air sejuk untuk mandi dan minum" (QS 38 Shad: 42).

Nabi Ayyub langsung menghentakkan kakinya ke tanah. Tiba-tiba air pun keluar dari tanah, persis kayak dua air mancur. Yang satu anget, yang satu lagi adem. Abis gitu yang anget dipake mandi sama nabi Ayyub terus kalo yang adem dipake minum. Maka sembuhlah nabi Ayyub dari penyakit yangg selama ini bikin beliau menderita.

Udah gitu Nabi Ayyub inget sama sumpahnya dulu. Masih inget nggak? Ayo apa coba? Akhirnya nabi Ayyub mengadu pada Allah. "Ya Allah, bagaimana mungkin aku tega memukul istri Nabi-Mu yang telah rela menjual rambutnya demi memenuhi kebutuhan makan nabi-Mu ini ?" Allah pun berfirman:

"Dan ambillah seikat rumput dengan tanganmu sendiri (hai Ayyub), lalu pukullah (pada tubuh istrimu, sehingga dengan demikian) kamu tidak melanggar sumpahmu". (QS 38 Shad: 44)

Nabi Ayyub menggambil 100 rumput yang diikat, abis gitu istrinya dipukul pelan-pelan satu kali (itu sih serasa dielus dong)

Mau tahu kisah selanjutnya ? dengerin nih firman Allah berikut :

"Maka kami pun kemudian memperkenankan seruan (Ayyub) itu, lalu kami lenyapkan yang ia derita dan kami kembalikan keluarga (dan hartanya) kepadanya kami lipat gandakan bilangan mereka sebagai rahmat dari sisi kami dan sebagai bahan pelajaran bagi para penghamba (Allah)" (QS 21 Al Anbiya: 84).

Happy ending deh udah bisa ditebak kalo iblis yang tadinya tertawa cekikikan sekarang malah dibikin kesal luar biasa ampe gigit jari, udah gitu dia ngumpat-ngumpat lagi!.




Ibrah

Nah sekarang, ada yang tahu nggak sifat apa yang bikin Nabi Ayyub istimewa? Ayo apa coba ? ya betul … sabar!

Nabi Ayyub dengan sabar menghadapi segala cobaan yang dihadapinya. Beliau tetap tawakal, tidak mengeluh, dan tidak pernah lupa selalu berdoa dan beribadah kepada Allah sekalipun luar biasa segala cobaan yang dihadapinya. Beliau tetap tawakal, tidak mengeluh, dan tidak pernah lupa selalu berdoa dan beribadah kepada Allah sekalipun luar biasa segala cobaan yang dihadapinya. Emang udah pantas kalo setiap nabi punya sifat sabar. Kalo nggak mana sanggup mereka menanggung beban risalah yang diamanahkan Allah kepada mereka.



Pembeda manusia dan hewan

Udah tahu bedanya manusia sama hewan? (ya jelas beda dong). Tapi coba pikirin hewan butuh istirahat, manusia juga, Hewan butuh kawan manusia juga, hewan butuh makan manusia juga butuh. Hewan buang air, manusia juga. Kalo gitu sama dong? Nggak juga!

Hewan kalo nyari apa-apa yang dia butuhin, misalnya makan, dia pake insting. Kalo emang udah butuh maka segala macam cara dia pake supaya yang dia cari bisa dapet. Kalo perlu sampe berantem. Malahan kalo udah kepepet nyolong juga jadi, sekalipun itu punya temennya. Dan mana ada hewan yang malu ama perbuatannya.

Kalo manusia lain. Manusia punya yang namanya kesabaran . Ia tidak seperti hewan yang mau menghalalkan segala cara untuk ngedapetin apa yang dia mau. Walaupun yang dia cari atau usahain itu nggak dapet, manusia tetap sabar dan terus berusaha cari cara lain yang halal sambil terus berdoa kepada Tuhan-Nya.

Nah, kalo ternyata ada orang yang nggak sabaran buat dapetin sesuatu, sekalipun dengan cara yang haram, asal maen tabrak aja pokoknya yang penting dapet, kira-kira orang kaya gini sama nggak ama hewan? (eit pikirin aja sendiri!!)




Macam-macam sabar

Ada yang udah tahu kapan aja kita harus bersabar? Kira-kira waktu ngapain aja? Ayo jangan takut! Apa coba?

Ternyata, sabar itu ada tiga macam loh! Apa saja sih?


1. sabar dalam ketaatan kepada Allah;
2. sabar dalam menghadapi musibah;
3. sabar dalam melawan hawa nafsu;




Sabar dalam ketaatan

Sabar yang pertama adalah sabar dalam ketaatan. Nah, itu yang dimaksud sabar dalam ketaatan adalah kita harus sabar kalo lagi melaksanakan perintah Allah. Ayo, apa aja sih contohnya? Ada yang bisa?


Contoh sehari-hari

Kalo kita mau shalat, kita harus sabar nunggu waktu shalat, udah gitu kadang-kadang buat wudhu aja harus ngantri, abis gitu kalo shalat berjama'ah mesti merapikan barisan shaf dulu, terus kalo ada yang nggak bawa mukena atau sarung mesti sabar nunggu teman beres shalat. Kalo nggak sabar bisa-bisa ngggak jadi shalat berjamaah deh, kalo nggak, eh malah ngegangguin temennya yang lagi shalat. Dosa dong kalo gitu! Jadi bayangin aja kalo buat shalat aja harus sabar belum yang lain, …. Misalnya shaum (puasa)

Kalo lagi shaum, kita mesti sabar…. Nahan lapar, nahan haus dan juga maksiat laen dari imsak sampai…. Sampei apa? Magrib! Kalo nggak sabaran, bisa-bisa magribnya dipercepat (emang bisa magrib dipercepat ? nggak mungkin!)

Kalo berhadapan dengan ortu, anak yang sabar harus berbakti sama ortu. Kalo nggak sabar malah bisa–bisa durhaka, sambil ngoceh, " Ah, apaan sih lagi asik nonton nih!"

Kalo sedang belajar di sekolah misalnya kita harus sabar ngikutin pelajaran sampe beres tiap hari lagi ! dari pagi sampe siang, malah kadang-kadang sampei sore. Kalo nggak sabar, bisa-bisa malah cari cara buat mabal deh! Padahal dalam Islam, menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan.




Sabar dalam Musibah

Sabar yang kedua adalah … apa coba? Ya betul, sabar dalam menghadapi musibah. Kita hidup di dunia ini kadang mengalami yang namanya musibah. Nah setiap hamba Allah yang baik harus tetap sabar ketika menghadapi musibah. Abis gitu sekarang ada yang bisa cerita nggak, contoh orang yang sabar ketika dapat musibah?

Contoh pribadi yang sabar dalam menghadapi musibah adalah Rasulullah saw.




Kisah Teladan 2

Masih pada inget kan kalo Rasulullah dan sahabat-sahabatnya waktu masih di Makkah selalu digangguin sama musrikin quraisy Makkah. Rasulullah saw sampe dilempari pasir, kotoran, bahkan diludahi setiap hari kalo ketemu orang musyrik, akan tetapi Rasulullah saw nggak pernah mengeluh dan selalu sabar menghadapinya. Bahkan terkadang Rasulullah dan para sahabat ada yang harus nerima siksaan yang bener-bener kejam. Tapi mereka tetap bertahan menjaga keislamannya dan terus berdakwah walaupun penuh rintangan.

Pernah suatu hari, Rasulullah saw beserta para sahabat pergi ke Tha'if untuk mendakwahkan Islam. Eh udah cape-cape datang puluhan kilometer jalan kaki, tahu-tahu mereka (terutama Rasulullah) dilempari batu secara beruntun sama penduduk di sana. Kaki Rasulullah sampe ngucurin darah. Jalannya pun terseok-seok.

Ketika udah lolos Rasulullah berdoa:

"Ya Allah aku mengadu kepada-Mu tentang kelemahanku dan kurangnya daya upayaku serta aku rendah dihadapan orang-orang. Yang Mahakasih dan Penyayang, Engkau pemelihara orang-orang yang lemah dan engkau pemeliharaku. Kepada siapa Engkau serahkan aku, apakah kepada orang asing yang menganiaya diriku atau kepada musuh yang menguasai diriku? Selama Engkau tidak murka padaku maka aku tidak perduli, tetapi afiyah-Mu sangat aku butuhkan. Aku berlindung dengan cahaya-Mu yang menyinari segala kegelapan dan memperbaiki segala urusan dunia dan akhirat dari turunnya arah-Mu kepadaku atau kutukan-Mu menimpaku. Bagi-Mu segala pengembalian sampai Engkau rela, dan tidak ada daya serta kekuatan kecuali dengan-Mu."

Abis gitu malaikat yang udah bener-bener BT ngeliat Rasulullah digituin. Malaikat itu sampai berkata, "Kalo Rasulullah mau, aku bisa mengangkat gunung untuk ditimpakan ke penduduk kota itu". Tapi ternyata Rasulullah melarangnya sambil berkata: " Aku masih mengharap akan lahir dari keturuna mereka, yang akan berkata Laa Ilaha Illa Allah".




Ibrah

Nah itu baru qudwah (teladan) kita, Rasulullah Muhammad saw. Beliau begitu mulia, sabar dan tawakal, terutama kalo ngehadapin segala macem cobaan. Walaupun dilempari, justru dari lisannya keluar kata-kata mulia. Beda sama kita baru diledek dikit aja udah mencak-mencak.


Contoh Sehari-hari

Sehari-hari kadang kita mengalami musibah misalnya sakit, kesandung batu, kehilangan dompet, diledek teman, atau misalnya ada orang yang kita kenal meninggal dunia atau ada temen yang sakit. Nah Rasulullah mencotohkan kalo kita kena musibah, maka bersabarlah dan ucapkan : "…Innaa Lillahi wa innaa ilaihi raaji'un (Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)" (QS 2 Al Baqarah:156)




Sabar Dalam Melawan Hawa Nafsu

Kalo sabar yang ketiga apa ayo? Sabar dalam …. melawan hawa nafsu! Kira-kira ada yang tahu nggak, contoh sabar dalam melawan hawa nafsu?

Yang namanya cobaan dari Allah bukan cuma kesusahan aja ternyata, Allah juga menguji manusia dengan kesenangan dunia. Malahan, kebanyakan orang biasa sabar kalo ngehadapin cobaan berupa kesusahan tetapi mereka kadang-kadang nggak sanggup kalo ngehadapin cobaan berupa kesenangan, kekuasaan, dan kemewahan.




Kisah teladan 3

Nabi saw pernah berkisah ada tiga orang yang menderita penyakit masing-masing ada belang, botak dan buta. Allah hendak menguji ketiga orang itu dan mengutus seorang malaikat kepada ketiganya.

Maka datanglah malaikat kepada si belang seraya berkata, "Apakah yang paling kamu inginkan ?" jawabnya, "Aku ingin berparas bagus dan kulitku mulus terbebas dari penyakit yang menjijikan ini!" maka malaikat mengusap tubuh si belang dan sembuhlah ia serta menjadi tampan rupawan. Malaikat bertanya lagi "Harta apa yang paling engkau senangi?" Jawabnya, "Unta!" lalu malaikat memberikan sepuluh unta yang telah hamil sepuluh bulan seraya berkata, " Semoga Allah memberkati nikmat yang kau terima!".

Kemudian malaikat mendatangi si botak seraya bertanya, "Apakah yang paling kau inginkan ?" jawabnya ," Aku ingin memiliki rambut yang subur dan tertata, penyakitku yang menjijikan ini sembuh!" malaikat mengusap kepalanya hingga sembuh penyakitnya dan seketika itu juga tumbuh rambut subur tertata rapi pada kepalanya, Lalu Malaikat bertanya lagi "Harta apa yang paling engkau senangi?" Jawabnya, "Sapi!" lalu malaikat memberikan seekor sapi betina yang sedang hamil seraya berkata, "Semoga Allah memberkati atas rizki yang kau terima!".

Selanjutnya malaikat mendatangi si buta seraya bertanya, Apakah yang paling kau inginkan sekarang ini?" jawabnya," Aku ini menginginkan, kiranya Allah mengembalikan penglihatanku sehingga aku bisa melihat lagi!" malaikat segera mengusap kelopak matanya dan Allah pun spontan menyembuhkannya. Malaikat bertanya lagi "Harta apa yang paling engkau senangi?" Jawabnya, "kambing!" lalu malaikat memberikan seekor kambing.

Lama kelamaan, unta, sapi, dan kambing itu berkembang biak, sehingga masing-masing memenuhi padang rumput yang luas.

Malaikat datang lagi kepada si belang dengan menyerupai keadaan si belang waktu masih sakit seraya berkata, "Tuan, aku adalah fakir yang kehabisan bekal di perjalanan. Sampai hari ini tiada yang memberi pertolongan selain Allah. Maka aku datang memohon belas kasihan tuan. Dengan menyebut zat yang memberi paras tampan dan kulit halus pada tuan, serta memberikan harta berlimpah pada tuan, maka sudilah kiranya tuan memberikan seekor unta saja kepadaku untuk bekal melanjutkan perjalanan!" Si belang menjawab, "Maaf, aku tidak bisa memberikan apa-apa, karena kebutuhanku masih banyak!" Malaikat berkata, "Kalau tidak salah, aku pernah aku pernah kenal dengan tuan. Bukankah tuan itu dulu berpenyakit belang dan sangat menjijikan itu? Bukankah tuan dulu adalah seorang yang miskin dan kemudian Allah memberkati rizki kepada tuan?"Jawabnya,"tidak!" Harta yang kumiliki ini adalah warisan nenek moyangku". Malaikat berkata, "Jika tuan berdusta, semoga Allah menjadikan tuan seperti keadaan semula!"

Kemudian malaikat mendatangi si botak dengan menyerupai keadaan si botak waktu masih sakit seraya berkata sebagaimana yang dikatakan kepada si belang. Malaikat berkata, "Jika tuan berdusta, semoga Allah menjadikan tuan seperti keadaan semula!"

Selanjutnya Malaikat datang lagi kepada si buta dengan menyerupai keadaan si buta waktu masih sakit seraya berkata, "Tuan, aku adalah fakir yang kehabisan bekal di perjalanan hingga hari ini tiada yang memberi pertolongan selain Allah. Maka aku datang memohon belas kasihan tuan. Dengan menyebut Zat yang memberikan pengelihatan kepada tuan, maka sudilah kiranya tuan memberikan seekor kambing agar dapat kujadikan bekal melanjutkan perjalanan!" Jawab si buta , "Wahai kisanak, dulu aku juga buta seperti kisanak, lalu Allah menggembalikan penglihatanku. Maka ambillah kambing-kambing yang kisanak sukai dan tinggalkanlah yang kisanak tidak sukai. Demi Allah, aku merelakan semua yang kisanak butuhkan semata-mata karena Allah Azza wa Jalla'. Dengan baik sebenarnya aku datang hanya untuk mengujimu dan kedua kawanmu itu!" (HR Bukhari dan Muslim).




Ibrah

Dari hadist tadi kita tahu kalo si botak dan si belang ternyata nggak bisa ngelawan hawa nafsunya sendiri. Mereka bakhil dan takabur. Kalo si buta masih tetep ingat kalo segala rizki yang dia punya itu datangnya dari Allah, maka dia nggak menjadi takabur.


Contoh sehari-hari

Nah yang biasa kita ngalamin, misalnya mau ulangan. Harusnya kita belajar, eh tahu-tahu ada film bagus nih, kalo nggak ada temen yang ngajak maen PS (Play Station), kalo nggak ada yang minjemin komik baru, akhirnya…ditunda deh belajarnya! Udah gitu besoknya, panik!




Konteksnya Sabar

Nah sekarang, menurut kalian ada ngggak sabar yangg salah? Kok orang sabar bisa salah sih? Coba, ada yang bisa nebak nggak, apa aja contohnya?

Ada yang rumahnya pernah kemalingan nggak? Nah tuh maling biasanya suka beraksi kalo orang yang punya rumah nggak ada atau kalo udah malem. Maka dengan sabarnya si maling menunggu sampe seisi rumah pada tidur sekalipun mesti begadang sampai pagi. Tuh maling kalo nggak sabaran bakalan nggak berhasil deh! Gimana sabar yang satu ini bener atau salah?

Abis gitu, ada yang pernah ke bioskop nggak? Jangan-jangan pada sering lagi! Kita suka ngeliat kalo ada film yang bagus baru keluar udah gitu pemainnya pada ngetop, biasanya orang-orang pada berjubel ngantri walaupun berjam-jam. Nah kalo ternyata film yang ditonton itu banyak adegan yang … (maaf terlalu vulgar untuk diceritain) misalnya film apa aja ayo? Eh, kok pada tahu sih ? Suka nonton ya! Udah filmnya nggak bener eh habis gitu kita ikut-ikutan cape-cape ngantri walau sampai berjam-jam, sambil ngomong, sabar!sabar! Ntar juga dapet!". Kalo sabar ini gimana?…Ya jelas , nggak bener dong!

Jadi kalo kita bicara tentang sabar dalam Islam, maka sabar yang kita omongin harus berupa sabar dalam kebenaran atau kebaikan. Begitu!




Syarat sabar

Orang yang sabar bukan berarti dia diem aja dengan pasrahnya. Justru kalo dia diem aja berarti dia nggak sabar. Seseorang disebut sabar kalo dia


1. tidak lemah;
2. tidak lesu; dan
3. tidak putus asa waktu menghadapi cobaan.

Misalnya, kita sedang sakit nih. Flu, misalnya! Sampe-sampe kita nggak bisa masuk sekolah.






Pertama kita tidak menjadi lemah

Walaupun sakit, kita nggak menjadi lemah. Kita harus yakin kalo sakit itu adalah cobaan dari Allah. Malahan sakitnya kita justru bakalan menghapus dosa –dosa kita,…kalo kita sabar loh! (bukan berarti kita ngeharapin sakit ya! Sakit itu asli gak enak)

Kalo misalnya waktu sakit kita malah ngumpat - ngumpat sampe bikin orang di sekitar kita kesel, itu namanya nggak sabar. Akhirnya gara-gara nggak sabar, sakit kita malahan nggak ngehapus dosa kita , eh malahan kita jadi dosa gara-gara bikin orang kesel.




Kedua, kita tidak menjadi lesu ( bergairah)

Karena sakit, kita jadi nggak bisa sekolah. Itu berarti kita ketinggalan pelajaran . Walaupun sakit, kita nggak menjadi lesu. Daripada melamun, mendingan baca buku pelajaran yang mau dibahas hari itu. (itu kalo penyakitnya tidak parah ya) Atau kalo nggak, cari-cari kerjaan lain yang bermanfaat deh! Itu kan lebih baik daripada selama sakit kita lesu, bengong, dan tiada daya (kecuali kalo sakitnya complicated!).




Ketiga, menjadi putus asa

Kita tahu kalo sakit itu cobaan. Kita harus tawakal kepada Allah. Tapi jangan lupa bahwa yang namanya sabar bukan berarti diem …aja. Bukan itu! Orang sabar nggak putus asa. Kita harus ada usaha buat ngobatin penyakit kita. Ke dokter misalnya, atau minum obat. Itu baru orang sabar!



Ketiga hal tadi sesuai dengan firman Allah berikut

"… mereka tidak berhati lemah terhadap apa yang menimpa mereka di jalan Allah, dan mereka tidak patah semangat (lesu), dan tidak mau tunduk (putus asa ) . Dan Allah menyukai orang-orang sabar (QS 3 Ali Imran : 146)

Itulah syarat orang sabar. Apa aja tadi ?




Penutup

Nah sekarang kita harus tahu kenapa sih kita mesti jadi orang sabar?

Pertama Allah akan menguji kesabaran kita selama hidup di dunia ini.

Allah berfirman: "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga padahal belum nyata bagi Allah siapa orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar" (QS 3 Ali Imran :142)

Sesungguhnya Allah Maha mengetahui. Allah memberi cobaan bagi hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya tersebut.

" Allah tiada membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…." (QS 2 Al Baqarah: 286)

Hidup kita di dunia ini adalah cobaan ada cobaan kesusahan, ada cobaan kesenangan. Cobaan buat nguji kita, apakah kita emang pantes ngedapetin nikmat Allah di akherat nanti.

Kedua, jalan ketakwaan adalah jalan penuh duri

Seorang sahabat rasul pernah ditanya mengenai jalan menuju takwa. Udah gitu dia balik nanya "Bagaimana rasanya kalau kau melewati jalan yang penuh duri?". Yang nanya ngejawab, " Aku akan berhati-hati dan akan kusingkirkan segala rintangan yang ada ", Nah itulah jalan takwa!" jawab sahabat. Jadi jalan menuju surga memang nggak gampang, banyak rintangannya. Kita harus hati-hati dan sabar. Kalo nggak sabar, mana mungkin kita bisa lewat!.

Ketiga, sabar adalah syarat mutlak masuk syurga Allah berfirman :

"Dan orang-orang yang sabar karena mengharap keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka dengan tersembunyi atau terang-terangan, menolak kejahatan dengan kebaikan, bagi mereka itu tempat kesudahan yang baik. (yaitu) Surga 'And yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka, sedangg malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari setiap pintu. ( dengan ucapan) " salaamun'alaikum bima shobartum (keselamatan atas kamu disebabkan kesabaran kamu), maka inilah sebaik-baiknya tempat kesudahan"(QS 13 Ar Ra'du: 22-24)


Jadi, kalo kita sabar maka balasan yang bakalan diperoleh nanti adalah surga.

0 komentar:

Posting Komentar


 
Powered by Blogger